Jumat, 19 Agustus 2011

Sir Frank Whittle

Komodor Udara Sir Frank Whittle, OM, KBE, CB, FRS, Hon FRAeS (1 Juni 1907 - 9 Agustus 1996) adalah seorang British Royal Air Force (RAF) perwira insinyur. Dia dikreditkan dengan inventing independen mesin turbojet (beberapa tahun lebih awal dari Jerman Dr Hans von Ohain) dan dipuji oleh beberapa sebagai bapak jet. 

Dari usia dini Whittle menunjukkan bakat untuk rekayasa dan minat dalam terbang. Bertekad untuk menjadi pilot, dia berhasil mengatasi keterbatasan fisik untuk dapat diterima dalam RAF, di mana kemampuannya membuatnya mendapatkan tempat pada kursus pelatihan perwira di Cranwell. Ia unggul dalam studinya dan menjadi seorang pilot dicapai. Saat menulis tesis di sana ia merumuskan konsep-konsep mendasar yang menyebabkan penciptaan mesin turbojet, mengambil paten pada desain pada tahun 1930. Tentu saja penampilannya di sebuah rekayasa petugas 'membuatnya mendapatkan tempat di program lebih lanjut di University of Cambridge di mana ia lulus dengan Pertama. 

Tanpa dukungan Departemen udara, ia dan dua prajurit pensiunan RAF terbentuk Jets Power Ltd untuk membangun mesin dengan bantuan dari perusahaan Inggris Thomson-Houston. Meskipun dana yang terbatas, prototipe diciptakan, yang pertama berlari pada tahun 1937. Bunga resmi itu akan datang mengikuti keberhasilan ini, dengan kontrak ditempatkan untuk mengembangkan mesin lebih lanjut, tetapi stres terus serius mempengaruhi kesehatan Whittle, akhirnya mengakibatkan terjadinya kerusakan saraf pada tahun 1940. Pada tahun 1944 ketika Jets Power dinasionalisasi ia kembali mengalami gangguan saraf, dan mengundurkan diri dari dewan direksi pada tahun 1946. 

Pada tahun 1948 Whittle pensiun dari RAF dan menerima gelar ksatria. Dia bergabung dengan BOAC sebagai penasihat teknis sebelum bekerja sebagai spesialis rekayasa di salah satu anak perusahaan Shell Oil diikuti oleh posisi dengan Mesin Bristol Aero. Setelah beremigrasi ke AS pada tahun 1976 ia menerima posisi Profesor Riset NAVAIR di Amerika Serikat Akademi Angkatan Laut 1977-1979. Pada bulan Agustus 1996, Whittle meninggal karena kanker paru-paru di rumahnya di Columbia, Maryland.

0 komentar:

Posting Komentar