Kamis, 18 Agustus 2011

Hans Lippershey

Meskipun ada beberapa perdebatan, sebagian besar sejarawan berpendapat bahwa Hans Lippershey adalah penemu pertama teleskop. Lahir di Wesel (Jerman), Lippershey bermigrasi ke Zeeland di Belanda. Sedikit yang diketahui tentang kehidupan pribadi Lippershey kecuali bahwa dia menikah di 1594 dan secara resmi menjadi warga negaranya diadopsi pada tahun 1602.

Menurut bukti dokumenter terfragmentasi (termasuk entri buku harian pihak ketiga), Lippershey, seorang pembuat kacamata, mengembangkan ide untuk teleskop setelah menonton dua anak dalam bermain tokonya kacamata dengan lensa nya. Legenda menyatakan bahwa anak-anak menggenggam dua lensa, dan melihat melalui keduanya secara bersamaan, melihat bahwa baling-baling cuaca di menara gereja terdekat sepertinya terlihat lebih besar dan lebih jelas daripada terlihat oleh pandang normal. Lippershey menyadari potensi dari penemuan kebetulan dan mulai membuat teleskop dengan melampirkan lensa di kedua ujung tabung.

Lippershey diterapkan untuk paten pada 1608, tetapi perangkat tidak dapat disimpan rahasia dan paten itu akhirnya ditolak. Lainnya datang sebagainya mengklaim telah menemukan perangkat baru, termasuk Yakub Metius dan Sacharias Janssen, baik dari Belanda. Apapun, aplikasi Lippershey untuk paten tetap catatan paling awal dari teleskop, yang disebut kijker, atau "ganteng." Lippershey juga keuntungan secara finansial dari penemuannya melalui pemerintah Belanda, yang membayarnya untuk membangun beberapa teleskop penggunaan militer.

0 komentar:

Posting Komentar